Seberapa Sering Boleh Makan Mie Instan?

Seberapa Sering Boleh Makan Mie Instan?

Bagi masyarakat Indonesia, mengkonsumsi mie instan tentu bukan menjadi hal yang asing lagi. Tak jarang masyarakat Indonesia menjadikan mie instan sebagai sarapan pagi, makanan utama hingga hanya sekedar untuk cemilan?

Masyarakat Indonesia sendiri juga tau bahwa mengkonsumsi mie instan berlebihan tidak baik. Seperti namanya, mie instan merupakan makanan instan atau cepat saji dan memang harus dibatasi untuk dikonsumsi.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, seberapa sering baiknya mengkonsumsi mie instan?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang sangat sering ditanyakan oleh masyarakat Indonesia karena khawatir jumlah mie instan yang dikonsumsi saat ini melebihi batas dari yang dianjurkan.

Seberapa sering konsumsi mie instan dianjurkan?

Makan mie instan memang banyak dijadikan sebagai solusi ketika lapar. Selain karena memang rasanya yang lezat, mie instan juga memiliki harga yang relatif murah dan juga mudah didapatkan dimana saja.

Bahan dasar mie instan adalah┬áterigu yang memiliki kandungan karbohidrat. Bahan dasar mie instan ini sama dengan kandungan yang dimiliki nasi biasa, jadi jika kamu termasuk orang yang suka makan mie dan nasi sekaligus – hindari hal tersebut karena ini akan memberikan jumlah karbo berlebih sesuai kebutuhan harian.

Meskipun mengandung karbo, sayangnya mie instan hanya memiliki kandungan serat yang sangat rendah. Dengan kata lain, dibalik kenikmatan yang ditawarkan oleh mie instan tadi, nilai gizi yang terkandung didalamnya sangatlah minim.

Mengkonsumsi berlebih mie instan bisa menimbulkan permasalahan seperti terkena obesitas, penyakit jantung, atau bahkan diabetes mellitus.

Selain minim gizi, kandungan MSG yang terdapat dalam mie instan sebagai perasa juga memiliki efek yang patut diwaspadai khususnya ketika mengkonsumsi berlebih.

Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa mengkonsumsi mie instan sebenarnya boleh, tetapi yang tidak boleh adalah dikonsumsi dalam jumlah berlebih atau sering.

Lalu berapa idealnya boleh mengkonsumsi mie instan?

Pakar kesehatan menyarankan membatasi mengkonsumsi mie instan dengan mengkonsumsi tidak lebih dari 2 bungkus mie instan setiap minggunya. Jadi, jika kamu ingin mengkonsumsi mie instan – usahakan hanya mengkonsumsi mie instan paling banyak 2 bungkus setiap minggunya.